Pernah ngalamin naik motor Beat kesayangan, tapi rasanya kayak lagi naik kuda lumping di jalanan yang nggak rata? Itu tandanya shockbreaker beat lo mungkin lagi bermasalah. Nah, buat yang lagi ngerasain shockbreaker Beat jadi keras, jangan khawatir! Kita bahas tuntas penyebabnya biar motor kesayangan lo bisa kembali nyaman dikendarai.
Masalah shockbreaker sering terjadi pada motor matic terutama Honda BEAT. Jangan panik, cari tahu penyebab dan cara mengatasinya di sini!
Penyebab Shockbreaker Beat Keras
Ada beberapa hal yang bisa bikin shockbreaker Beat jadi keras, nih:
- Oli Shockbreaker Habis atau Kotor: Bayangin aja shockbreaker kayak sendi. Kalau pelumasnya kurang, pasti gerakannya jadi enggak lancar dan kaku. Nah, oli shockbreaker itu juga butuh diganti secara berkala biar kinerjanya tetap optimal.
- Seal Shockbreaker Rusak: Seal itu kayak karet penutup yang nyegel oli shockbreaker di dalam. Kalau sealnya rusak, oli bisa bocor dan bikin shockbreaker jadi kering. Akibatnya, pergerakan shockbreaker jadi enggak mulus.
- Per Shockbreaker Kaku: Per shockbreaker itu kayak per. Kalau pernya terlalu kaku, ya jelas shockbreaker jadi keras dong.
- Bushing Rusak: Bushing itu kayak bantalan yang ngelindungi shockbreaker. Kalau bushingnya rusak, shockbreaker jadi enggak stabil dan bikin motor jadi bergetar.
- Cara Naik Motor yang Salah: Kalau beban motor terlalu berat di bagian belakang, bisa-bisa shockbreaker jadi cepat rusak.
- Jalanan yang Jelek: Sering lewat jalan yang rusak juga bisa bikin shockbreaker cepat rusak.
- Pengaturan Preload Salah: Beberapa shockbreaker bisa diatur tingkat kekerasannya. Nah, kalau pengaturan preloadnya terlalu keras, ya shockbreaker juga jadi keras.
Cara Mengatasi Shockbreaker Keras
Kalau shockbreaker motor lo udah mulai keras, jangan tunda lagi buat bawa ke bengkel. Mekanik akan ngecek dan kasih tahu penyebab pastinya. Setelah itu, baru bisa dilakukan perbaikan.
- Ganti Oli Shockbreaker: Kalau masalahnya cuma karena oli habis atau kotor, cukup ganti oli shockbreaker dengan yang baru.
- Ganti Seal Shockbreaker: Kalau sealnya rusak, harus diganti dengan yang baru.
- Ganti Per Shockbreaker: Kalau pernya udah terlalu kaku, bisa diganti dengan per yang lebih empuk.
- Ganti Bushing: Kalau bushingnya rusak, juga harus diganti.
- Atur Ulang Preload: Kalau shockbreakernya bisa diatur, coba atur ulang ke setelan yang lebih lembut.
Rekomendasi
Daripada terus-menerus melakukan servis, lebih baik langsung mengganti shockbreaker dengan yang lebih berkualitas, awet, dan nyaman! Tapi, seperti apa sih shockbreaker berkualitas itu?
✔ Pastikan ada fitur Plug N Play (PNP) yang memudahkan pemasangan tanpa perlu memodifikasi body motor, jadi lebih praktis.
✔ Pilih yang menggunakan Material Aluminium CNC, yang membuat shockbreaker jadi lebih kuat, tahan karat, dan lebih tahan lama.
✔ Shockbreaker yang memiliki Fitur Mounting yang dapat menyesuaikan tinggi motor, sehingga lebih fleksibel untuk berbagai kondisi jalan.
✔ Ada juga fitur Preload Adjustment, yang memungkinkan lo untuk mengatur tingkat kelembutan agar sesuai dengan kenyamanan berkendara.
✔ Desainnya juga dilengkapi dengan Teknologi Laser Printing, yang memastikan tampilan tetap awet dan tidak mudah pudar meski digunakan dalam waktu lama.
Semua fitur tersebut bisa ditemukan di shockbreaker dari Motomax.id!
Motomax.id menawarkan shockbreaker dengan kualitas terbaik yang tidak hanya nyaman, tetapi juga tahan lama, dan siap meningkatkan performa motor kamu. Cek sekarang di Motomax.id!.
Pilihan Shockbreaker untuk motor beat Anda
-
SHOCKBREAKER 300mm – 330mm plus Type: X-Speed SeriesRp351.000 – Rp505.000