Pernah mengalami naik Vario kesayangan, tapi rasanya kayak lagi naik perahu di tengah ombak? Atau malah berasa lagi naik kuda lumping di jalanan yang enggak rata? Bisa jadi shockbreaker motor lo lagi bermasalah. Jangan khawatir, bro! Kita bakal bahas tuntas apa aja sih yang bisa bikin shockbreaker Vario jadi rewel dan cara mengatasinya
Penyebab Shockbreaker Vario Bermasalah
Ada beberapa hal yang bisa bikin shockbreaker Vario jadi rewel, nih:
- Oli Shockbreaker Habis atau Kotor: Sama kayak motor yang kehabisan bensin, shockbreaker juga butuh oli buat melumasi komponen di dalamnya. Kalau oli habis atau kotor, pergerakan shockbreaker jadi enggak lancar dan bikin shockbreaker jadi keras atau bocor.
- Seal Shockbreaker Rusak: Seal itu kayak karet penutup yang nyegel oli shockbreaker di dalam. Kalau sealnya rusak, oli bisa bocor dan bikin shockbreaker jadi kering. Akibatnya, performa shockbreaker menurun dan motor jadi enggak nyaman.
- Per Shockbreaker Lembek atau Kaku: Per shockbreaker itu kayak per. Kalau pernya terlalu lembek, motor jadi mudah bouncing. Sebaliknya, kalau terlalu kaku, motor jadi keras dan enggak nyaman.
- Bushing Rusak: Bushing itu kayak bantalan yang ngelindungi shockbreaker. Kalau bushingnya rusak, shockbreaker jadi enggak stabil dan bikin motor jadi bergetar.
- Dapat Beban Berlebih: Sering bawa beban berat atau boncengan terus-menerus bisa bikin shockbreaker cepat aus.
- Jalanan yang Jelek: Sering lewat jalan yang rusak juga bisa bikin shockbreaker cepat rusak.
Cara Mengatasi Masalah Shockbreaker Vario
Kalau shockbreaker Vario lo udah mulai bermasalah, jangan tunda lagi buat bawa ke bengkel. Mekanik akan ngecek dan kasih tahu penyebab pastinya. Setelah itu, baru bisa dilakukan perbaikan.
Pilihan Perbaikan yang biasanya disarankan:
- Ganti Oli Shockbreaker: Kalau masalahnya cuma karena oli habis atau kotor, cukup ganti oli shockbreaker dengan yang baru.
- Ganti Seal Shockbreaker: Kalau sealnya rusak, harus diganti dengan yang baru.
- Ganti Per Shockbreaker: Kalau pernya udah rusak atau enggak berfungsi dengan baik, bisa diganti dengan yang baru.
- Ganti Bushing: Kalau bushingnya rusak, juga harus diganti.
- Overhaul Shockbreaker: Untuk kerusakan yang lebih parah, mungkin perlu dilakukan overhaul shockbreaker.
Rekomendasi
Daripada terus-terusan melakukan perbaikan, solusi terbaik adalah langsung mengganti shockbreaker dengan yang lebih bermutu, awet, dan nyaman!
Nah, shockbreaker berkualitas itu yang seperti apa sih?
✔ Yang sudah pasti harus ada fitur Plug N Play (PNP) jadi bisa langsung dipasang tanpa perlu memotong body motor, jadi lebih praktis.
✔ Kemudian harus yang Material Aluminium CNC jadi shockbreakernya kuat dan anti karat, membuat lebih awet dan tahan lama.
✔ Lalu, harus punya Fitur Mounting yang bisa mengatur tinggi motor sesuai kebutuhan, makin fleksibel untuk berbagai kondisi jalan.
✔ Pastinya ada fitur Preload Adjustment jadi dapat disetel tingkat kelembutannya sehingga sesuai dengan kenyamanan berkendara.
✔ Selain itu, Teknologi Laser Printing yang membuat desainnya tidak mudah pudar dan tetap keren walaupun dipakai dalam jangka panjang.
Nah, semua fitur ini bisa kamu dapatkan di Motomax.id!Motomax.id menghadirkan shockbreaker berkualitas tinggi yang tidak hanya nyaman, tetapi juga tahan lama dan siap meningkatkan performa motor lo. Cek sekarang jadi bisa Tingkatkan gaya, Tingkatkan Performa!.
Pilihan Shockbreaker untuk motor beat Anda
-
SHOCKBREAKER 300mm – 330mm plus Type: X-Speed SeriesRp351.000 – Rp505.000